Tips Menanam Cabai dalam Pot

Cabai merupakan komoditas tanaman yang sangat dibutuhkan oleh makanan rata-rata orang Indonesia. Menanam cabai bukanlah hal yang sulit, namun tidak gampang juga. Setidaknya resiko gagal sangat kecil dibandingkan dengan media tanaman yang lain. Salah satu solusinya dengan belajar di media berkebun online.

Mengenal Jenis-jenis Cabai

Tips Menanam Cabai dalam Pot

Sebelum melakukan penanaman dalam jumlah besar, mari sedikit mempelajari berbagai macam jenis cabai yang biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia, agar Anda juga mengetahui karakteristik yang dihasilkan dari masing-masingnya.

Cabai Rawit

Cabai satu ini dikenal dengan bentuknya yang kecil atau mungil namun memiliki rasa yang sangat pedas. Warna merah cocok sekali untuk dimasukkan dalam bumbu masakan Indonesia ataupun pembuatan sambal. Sementara untuk cabai rawit yang berwarna hijau untuk teman makan gorengan.

Cabai Besar

Cabai besar sendiri juga memiliki dua macam warna yakni merah dan hijau. Walaupun ukurannya paling besar dari semua cabai, namun rasa yang dihasilkan ternyata masih kalah pedas dengan cabai rawit. Biasanya orang akan memakan langsung cabai besar ini sebagai lalapan bersama sayuran lain.

Cabai Keriting

Cabai ini seringkali digunakan untuk resep makanan Padang, tak heran banyak juga yang menyebutnya sebagai cabai Padang. Kadar air di dalamnya lebih banyak dibandingkan dengan cabai besar, itulah sebabnya rasanya juga lebih pedas.

Cabai Putih

Selanjutnya adalah cabai putih. Saat awal tumbuh warnanya akan cenderung ke kuning tua hampir putih, namun setelah tua akan berubah warna lagi menjadi jingga. Rasanya tidak begitu pedas namun cocok dimasukkan dalam campuran makanan untuk memberikan aroma pedasnya saja.

Media Berkebun Cabai Menggunakan Pot

Ternyata selain menggunakan polybag, penanaman cabai bisa juga dengan media pot. Bagi Anda yang tertarik ikutilah tips-tips di bawah ini, informasi yang disajikan lengkap dan akurat. Yuk simak dan catat langkah-langkah di bawah ini :

  1. Persiapan lahan tanaman
  2. Sinar matahari yang cukup minimal 7 jam perhari
  3. Bagian bawah pot beralaskan tanah saja
  4. Pilihlah pot atau polybag yang berukuran sedang saja
  5. Pemberian pupuk organik dan kapur dolomit.
  6. Mempersiapkan bibit cabai
  7. Memperhatikan proses penyiraman, penyiangan yang benar

Itulah sedikit pembahasan mengenai tips menanam cabai dalam pot. Sederhana memang namun kalau bisa produksi sendiri mengapa harus beli pada orang lain. Lebih jelasnya, silahkan masuk di media berkebun online.