Tips Agar Lamaran Kerja Diterima

Tips Agar Lamaran Kerja Diterima

Ketatnya persaingan pencari kerja saat ini tentu membuat was-was apakah lamaran kerja Anda bisa diterima oleh perusahaan tempat melamar atau tidak. Meskipun sudah melamar di lowongan kerja Surabaya yang ada, sebaiknya perlu mencoba beberapa tips agar lamaran kerja diterima.

Tips Melamar Kerja

Tips Agar Lamaran Kerja Diterima

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan seperti sesuai keinginan terbuka bagi siapa saja yang mau berusaha. Namun, jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan lowongan kerja yang ada membuat persaingan semakin ketat. Maka, Anda bisa mencoba tips berikut ini agar lamaran diterima.

Lamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Kemampuan

Meskipun banyak informasi lowongan pekerjaan yang didapatkan, bukan berarti semua lowongan tersebut bisa dimasuki. Anda harus memilih dan memilah lowongan pekerjaan mana saja yang sesuai dengan kemampuan dan skill yang dimiliki.

Perusahaan akan melihat apa saja skill yang dimiliki saat pertama melihat CV dan surat lamaran kerja. Jika sesuai dan cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan, maka bisa dipanggil untuk tahap selanjutnya. Anda akan memiliki peluang besar untuk diterima jika lolos tes interview.

Buat CV yang Lengkap dan Menarik

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen pertama yang akan dilihat oleh perusahaan yang sedang mencari pekerja. Jika impresi awal terhadap CV Anda sudah tidak bagus, maka besar kemungkinan lamaran Anda akan ditolak dan disingkirkan.

Buat CV dengan desain yang menarik, lengkap, detail, jujur, namun jangan bertele-tele. Desain yang simple dan elegan dan tidak terkesan alay akan memberi impresi yang bagus di mata tim HRD. Cantumkan hal-hal penting yang sesuai dengan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bangun Branding di Media Sosial

Media sosial selain sebagai platform untuk mencari hiburan dan silaturahmi, seseorang juga bisa dilihat karakternya dari apa yang diposting di media sosial. Tak jarang banyak tim rekrut karyawan di perusahaan yang berusaha mencari tahu karakter calon karyawannya melalui media sosial.

Bangun branding sebagus mungkin di media sosial yang dimiliki. Jangan sampai tim HRD menemukan hal-hal aneh di status maupun postingan akun media sosial. Karena jika ditemukan hal yang tidak sesuai, maka bisa saja dengan mudah di-blacklist.

Dengan mencoba mempraktekkan beberapa tips agar lamaran kerja diterima di atas mudah-mudahan lamaran kerja bisa diterima. Sehingga usaha untuk melamar pekerjaan di lowongan kerja Surabaya pun tidak sia-sia.

Tips Agar Lamaran Kerja Diterima
Scroll to top