Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anak Selama New Normal

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anak Selama New Normal

Menjaga kesehatan fisik dan mental anak selama new normal menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Hal ini disebabkan adanya aturan baru dan kebiasaan baru yang juga dialami oleh semua kalangan. Meski demikian cara yang tepat dan sikap tenang dalam menghadapi situasi bisa diandalkan.

Cara Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anak Selama New Normal

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anak Selama New Normal

Menghadapi keseharian dengan protokol kesehatan dan segala upaya penjagaan diri harus berimbang dengan kegiatan lain seperti belajar dan bekerja. Berikut cara menjaga anak agar memiliki fisik dan mental yang kuat selama masa pandemi.

Menjaga Asupan Makan dan Mengenalkan Kebiasaan Hidup Sehat

Rumah adalah sekolah untuk segala ilmu pengetahuan dasar bagi anak. Oleh sebab itu, orang tua sebagai guru di rumah harus bisa memberikan penjelasan untuk segala aktivitas. Bahkan meski anak tidak bertanya, namun hal ini perlu dijelaskan sembari melakukannya.

Seperti mencuci tangan sebelum makan yang harus dilakukan untuk mengusir dan membunuh kuman. Adapun untuk menjaga asupan makan dan gizi seimbang juga perlu disejalankan antara orang tua dan anak. Dengan demikian anak akan merasa bahwa aturan makannya sama.

Melakukan Rutinitas yang Sehat dengan Pola Hidup Tepat

Poin ini mengharuskan adanya jadwal kegiatan sehari-hari yang terarah. Rutinitas tersebut menyeluruh dari mulai pukul berapa bangun tidur, makan, belajar, bermain hingga istirahat. Luangkan pula waktu olahraga bersama guna mengoptimalkan gaya hidup sehat.

Lakukan pula secara konsisten untuk membentuk hasil yang maksimal. Adapun kondisi tubuh yang sehat akan mendukung mental yang sehat pula. Terlebih dengan adanya interaksi dan hubungan yang baik antara orang tua dan anak.

Meluangkan Quality Time

Quality time sangat bermanfaat dan mampu membangun kepercayaan antara orang tua dan anak. Kegiatan jenis ini dapat berupa berjalan-jalan, menonton televisi bersama atau sekedar bergurau santai di rumah. Meskipun hanya kegiatan sederhana yang mudah dilakukan namun itu sangat berarti.

Kualitas waktu yang baik dalam kebersamaan orang tua dan anak mampu menguatkan kasih sayang keduanya. dikutip oleh https://hasnapreneur.com bahwa Hal ini tentu akan membuat menyehatkan mental anak terlebih jika orang tua mampu menanamkan nilai-nilai penting dalam kehidupan selama masa quality time.

Demikian informasi tentang menjaga kesehatan fisik dan mental anak selama new normal. Disebabkan menghadapi kebiasaan baru, Anda juga perlu menyampaikan alasan yang terjadi di luar rumah terkait new normal. Tentunya dengan penjelasan sesuai usia anak.