Bagaimana Cara Ekspor Porang ke Luar Negeri?

Banyak industri pertanian di Indonesia yang sudah memasarkan produknya ke sejumlah wilayah di luar Indonesia. Cara ekspor porang ke luar negeri nyatanya telah diterapkan oleh beberapa UKM di dalam negeri untuk meluaskan pasar dan juga meningkatkan keuntungan.

Cara Ekspor Porang ke Luar Negeri

Bagaimana Cara Ekspor Porang ke Luar Negeri?

Porang banyak dibutuhkan untuk industri khususnya di Jepang atau negara Asia lainnya. Beberapa pelaku usaha di Indonesia mengaku bahwa mereka akan menjualnya sekitar Rp 45 ribu untuk setiap kilonya. Kemasannya pun beragam mulai dari karung plastik dan karung kertas agar aman saat ekspor.

Menurut salah satu pemilik usaha ini mengaku bahwa cara ekspor yang dilakukan memang bukan hal gampang. Mereka perlu memperhatikan standarisasi dan sertifikasi khusus setiap negara agar produknya berhasil diterima dan lolos uji kelayakan.

Salah satu negara tujuannya adalah Amerika. Mereka tidak akan sembarangan untuk menerima ekspor porang melainkan hanya mau membeli barang yang sudah memiliki certificate of registration saja. Hal ini merupakan cara agar produsen dalam negeri bisa memasarkannya ke luar Indonesia.

Cara Pemasaran Porang ke Luar Negeri

Sistem pemasaran ekspor porang ke luar negeri juga harus mengetahui permintaan pihak importir. Salah satu produsen dalam negeri mengaku bahwa mereka sudah mengekspor sebanyak 300 ton untuk setiap negaranya saja. Biasanya pemilik usaha ini bisa melakukannya ke lebih dari tiga tujuan. bagi yang masih bingung dengan ekspor import bisa memanfaatkan jasa kirim luar negeri di wilayah masing-masing.

Harga tepung porang yang berkisar antara Rp 45 ribu per kilonya mampu bisa memberikan keuntungan hingga minimal 50% dimana per bulannya sekitar Rp 525 juta. Pencapaian ini jika dihitung secara total dapat mencapai Rp 12,6 untuk setiap tahunnya. Tentunya hal ini sangat fantastis bagi setiap produsen.

Menurut salah satu produsen yang sudah memasarkan banyak produsen porangnya memberikan pernyataan bahwa keuntungan tidak didapatkan dengan sangat mudah. Hal ini tentunya memerlukan banyak sekali rintangan terlebih jika pemasaran dilakukan secara ekspor dan berbagai persyaratannya.

Cara ekspor porang ke luar negeri yang paling penting ialah menyesuaikannya dengan permintaan negara tujuan. Biasanya mereka mengeluarkan kebijakan berbeda sehingga perlu disesuaikan berdasarkan aturan masing-masing.Jasa ekspor atau jasa kirim luar negeri biasanya memerlukan ijin pengiriman yang sesuai dengan aturan impor dan ekspor